Kinan Abbiya,  MamaibukKnowsBest

Belajar Sabar dan peka dari GTM

Bagi saya, jadi ibu tuh melatih kepekaan. Apalagi kalau babynya masih baby (lho?) baru bisa nangis aja, harus bisa membedakan tangisan bayi. Mana menangis karena lapar, ngantuk, kedinginan, kepanasan, sakit perut, risih popok sudah penuh, atau sekedar pengen dipeluk diayun dimanjakan ๐Ÿ™‚

Beberapa hari ini nafsu makan Kinan agak berkurang. Terutama makan nasi, hmm saya pribadi sebenarnya nggak terlalu khawatir karena Kinan masih aktif seperti biasa dan masih lumayan kenceng juga ASI dan cemal cemilnya (kue, jus dll)

Beberapa minggu ini kebetulan ayahnya lagi ada kerjaan di luar kota lumayan lama, dan kami sementara waktu ‘ngungsi’ di rumah orang tua saya. Jadilah sudah bisa ditebak siapa yang mulai panik dan khawatir soal nafsu makan Kinan hehe ya Uti Kakungnya 😂 jadilah saya juga agak ikut khawatir dan kepikiran

Sekitar 4 atau 5 hari yang lalu Kinan mulai lah males malesan lihat nasi. Udah coba gonta ganti menu juga masih ga mempan. Pake kremes, ya cuma kremesnya aja di comotin huhu
Ga ada acara ikut makan sepiring berdua sama saya. Disuapin pun ogah ogahan. Oke baiklah welcome GTM 😅

Tarik nafaaas istighfar tetap tenang tawakal dan berdoa 😊😊

Dari beberapa artikel yang dulu pernah saya baca, GTM (Gerakan Tutup Mulut) alias anak-anak yg menolak makan ini bisa jadi disebabkan oleh banyaaaak sekali kemungkinan. Bisa karena gigi yang mau tumbuh, sariawan, ga enak badan, bosan dengan menu makanan, atau yang lainnya.
Lebih detail tentang GTM menurut IDAI, bisa dibaca di sini.

Sampai pas hari kedua Kinan GTM, beberapa kali tiba-tiba nangis sendiri. Nangis kesakitan sambil bilang : ibuuuuk akiit akiiiiiitt.

Tadinya saya pikir mungkin lidahnya kegigit. Tapi sampai keulang 2x saya coba cek bagian mulutnya, dan ternyataaa ada sariawan di dalam mulut kecilnya ๐Ÿ™

Alhamdulillah, kayanya ini sumber GTM anak Kinan 😂😅 karena blm mau makan nasi, saya tetap kasih cairan yg cukup (ASI, air putih, jus, soya, uht dll)

Daaaan Alhamdulillah sarapan hari ini (23/7) mulai kembali nafsu makannya. Mulai ngerusuhin waktu saya makan. Ahh gapapa dek, dirusuhin terus juga gapapa .. dirusuhin yg bikin bahagia 😘

Buat saya, kalau anak lagi GTM kuncinya adalah jangan panik! Tetap cool, dan jangan terus-terusan dipaksa apalagi dimarahin buat makan. Karena takutnya nanti malah jadi trauma dan jadi panjang GTMnya huhu
ikutin dulu maunya apa, minta buah, cemilan, kue, jus? Ayok.

Yang jelas, cari tahu dulu penyebabnya dan sabaaaar ๐Ÿ™‚

Ah ya, saya juga selalu usahakan makan di depan Kinan, maksudnya biar tertarik biar kepengen gitu hehe
Dan jangan lupa berdoa, jauhkan GTM dari anak Kinan dan seluruh anak-anak Indonesia ya Allah. Aamiin ❤️

Bye bye GTM, sudah ya jangan mampir mampir kemari lagi

-ky, july 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *