KonMari Journey

Shokyuu Intensive Class Batch 2: Task 3 – Preparing for Tidying Festival

Ini adalah Task terakhir dalam materi minggu ke empat: The Basic of KonMari Method, sekaligus task terakhir sebelum dimulai Tidying Festival. Excited!


Di task 3 kali ini soal yang diberikan menurut saya lebih terasa “ringan” setelah menghadapi 2 task sebelumnya yang memang harus detail dan di visualisasikan sesuai dengan ideal lifestyle masing-masing.

Sedikit flashback task sebelumnya, pada task pertama kami diminta untuk mengubah mindset dan menjelaskan ideal lifestyle serta rumah impian kami masing-masing (lihat di sini). Kemudian pada task kedua, kami diminta untuk menjelaskan bagaimana menjaga mindset yang telah kami ubah dan tersebut, serta memberikan detail kendala dan solusi dari setiap ideal lifestyle impian kami (lihat di sini). Cukup berat menurut saya karena berkaitan dengan komitmen dan mempertahankan mindset. 

Ideal lifestyle dan visualisasi rumah impian saya pada postingan sebelumnya agaknya sulit direalisasikan dalam waktu 3 bulan (sesuai dengan jadwal kelas Shokyuu). Mungkin terdengar sedikit ambisius, namun Sensai Marie Kondo dalam bukunya juga mengatakan untuk menjadikan kesempurnaan sebagai target. Im workin on it! Bismillah.

Berkaitan dengan persiapan tidying festival, berikut beberapa hal yang saya lakukan:

1.Fisik

Well, fisik penting karena berbenah tentu akan menguras energi. Ditambah, pada dua pekan pertama tidying festival besok, saya akan lakukan sendirian. karena partner (baca: suami) harus berangkat dinas ke luar kota.

2.Storage sementara

Saya menyiapkan storage sementara untuk beberapa kategori yang memang belum mendapat “rumah tetap”. Mengingat suami juga ingin menentukan storage fix-nya, kami memutuskan untuk tidak terburu-buru membeli atau membuat storage. Saya fokus dengan proses tidying, sedangkan storage akan saya pikirkan sambil melihat  dan menyesuaikan dengan kebutuhan kami.

Storage sementara yang akan saya pakai antara lain: koper, kardus, dan keranjang baju.

3.Mainan/toodler activity

Tanpa partner di minggu-minggu pertama tidying festival, membuat saya harus prepare juga untuk yang satu ini. Menyiapkan buku atau mainan atau aktivitas untuk si kecil. Hal ini penting agar menjaga mood si kecil tetap happy, mengurangi drama yang menguras energi sehingga bisa tetap fokus dan selesai sesuai target.

4.Semangat

Harus semangat! Mengingat lagi tujuan dari proses ini, dan membayangkan ketika semuanya selesai biasanya menjadi penyemangat saya.

 


konmari quotes
Pic Source: Pinterest

I’m ready for tidying festival!

Bismillahirrahmanirrahim, wish me luck!

 

#konmariindonesia
#komunitaskonmariindonesia
#menatadirimenatanegeri
#shokyuuclass
#shokyuuB2Task3
#sparkjoy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *