KonMari Journey,  Lifestyle

Shokyuu Intensive Class Batch 2: Task 5 – Tidying Clothes (Part 2, end)

Task 5 datang juga, kali ini masih tentang tidying and storage clothes. Materi yang diberikan lebih teknis dan detail soal storage dan bagaimana menyiasati lemari konvensional yang bertebaran di hampir semua rumah di Indonesia.


 Lalu gimana kalau lemarinya masih model konvensional? Atau drawer sejuta umat yang selama ini dianggap praktis tapi ternyata belum KonMari friendly?

Tenang semua ada solusinya, tinggal kita pilih dan tentukan mana yang spark joy. Begitu ya, mbak Nurul? hehe

Task 5 kali ini, poin pertama kami diminta untuk mengirimkan foto lemari yang sudah spark joy menurut masing-masing. Kenapa? ya karena spark joy ini sifatnya sangat subjektif. Yang buat saya spark joy, belum tentu terasa yang sama buat orang lain.

Nah, berikut adalah foto lemari yang sudah (hampir) spark joy buat saya. Iya hampir, karena memang belum sempurna. Dan saya sudah kadung menjadikan kesempurnaan sebagai target x) Tapi sempurna itu tidak harus buru-buru, bisa sambil jalan pelan-pelan, asal jangan jalan di tempat, apalagi jalan mundur.

 

 

Foto sebelah kiri adalah foto lemari pakaian saya dan suami. Untuk model desain dan bahan lemari ini sudah spark joy bagi saya (dan suami), bikinnya custom soalnya jadi ya sesuai mau kami. hehe

Yang membuat sedikit mengganjal adalah ada part yang kurang dan belum disempurnakan, yaitu bagian gantungan baju di tengah, seharusnya ada tiga gantungan baju, dua untuk kemeja suami dan satu untuk dress saya. Tapi nggak apa, masih bisa kami siasati untuk sementara.

Bagian rak paling kanan lemari juga dirasa terlalu tinggi jadi seperti membuang space, mungkin akan lebih spark joy bila diberi tambahan sisipan rak, dan bisa untuk menambah space juga.

Terakhir, tentu fix storage yang akan melengkapi lemari kami jadi spark joy seutuhnya. Sudah ada yang diincar, tinggal menunggu waktu yang tepat untuk eksekusi, dan tentu menunggu rekening siap dijemput juga lol.

Overall, lemari dan drawer di rumah sudah spark joy bagi kami, karena begitu membuka pintunya, semua baju nampak rapi dan terlihat semua.

 

 

Foto detail tambahan, faktor utama yang membuat lemari dan drawer jadi spark joy. hehe

Poin kedua, kami diminta menceritakan mengenai perbedaan yang kami rasakan setelah membereskan pakaian dengan metode Konmari.

Jadi, gimana rasanyaaaaaaaaaaa??

Sedikit saya cerita tentang proses tidying clothes minggu lalu, boleh yaa. Kebetulan nemu ilustrasi lucu dan cocok dengan situasi saya hehehe

 

Tahap ter-ruwet dan cukup bikin kaget adalah: Put everything on the floor (Ilustrasi paling kiri).Ruwet dan kaget karena ternyata sebanyak itu stok pakaian dan cuma itu itu aja yang dipakai. Sampai lupa punya beberapa baju saking nggak pernah lihat (karena berada di tumpukan paling bawah dan terdalam lemari.

Memasuki tahapan selanjutnya setelah memilah yang spark joy (Ilustrasi tengah), mulai terlihat titik terang, kemudian tahap melipat dengan mempraktekan metode Konmari ini juga cukup menyenangkan bagi saya. Apalagi menemukan cara sendiri untuk bisa melipat dengan metode Konmari begitu, rasanya bangga hehe Karena beda bahan beda model juga lipatan awalnya bisa beda. Misalnya rok mukena anak saya, ini kecil tapi ada karet di pinggangnya, ternyata lebih enak dilipat ke bawah dulu.

Setelah selesai satu lemari, rasanya lega (Ilustrasi paling kanan) dan saya “rayakan” dengan minum cokelat hangat, atau jajan mie ayam dulu, sebelum lanjut menyelesaikan yang lainnya hehe


684cbd63f23e66a7de5c7a7a7373f49b
Pic Source Pinterest

Rasanya sekarang, legaaaaa aja gitu. setiap buka lemari bisa senyum-senyum sendiri. Buka drawer anak juga happy aja, nggak ribet ngubek-ubek karena semua sudah kelihatan, dan mudah mengambilnya. Anak saya juga gampang milih baju mana yang mau dia pakai, dan ngambil sendiri tanpa bikin berantakan yang lain. Terus semakin semangat buat melanjutkan jadwal tidying kategori lainnya.

 

 

 

 

 

#konmariindonesia
#komunitaskonmariindonesia
#menatadirimenatanegeri
#shokyuuclass
#shokyuuB2Task5
#sparkjoy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *