KonMari Journey,  Lifestyle

Shokyuu Intensive Class Batch 2: Task 7 – Tidying Papers

Minggu ini memasuki task 7 di Shokyuu Class Batch 2. Temanya adalah Tidying Papers. Mungkin sedikit saya akan menuliskan beberapa poin dari materi yang diberikan di kelas mengenai tidying papers.


Sedikit berbeda dari materi sebelumnya, pekan ini kami diminta untuk membuang semuanya. Tidak lagi memilah mana yang spark joy atau tidak.

The basic rule of papers: Discard everything.

Ngeri ga tuh? haha

Bukan lagi soal spark joy atau tidak. Buang semuanya, kecuali dokumen penting saja. Yang sekiranya menimbulkan kenangan masa lalu, sisihkan untuk masuk kategori sentimental item.

Hal penting dalam berbenah dokumen :
1. Pilih dokumen yang akan disimpan dengan berpegang pada the basic rule of papers tadi, kita akan membuang semuanya. Supaya yang kita pilih adalah dokumen yang benar-benar penting.

2. Cek setiap dokumen satu per satu jangan sampai ada dokumen penting yang terbuang.


Berdasarkan materi yang saya dapat, dokumen terbagi menjadi 3, yaitu:

1. Pending Document
Dokumen yang butuh tindakan dan respon seperti surat yang perlu dijawab atau tagihan yang perlu dibayar. Pending document perlu dibuatkan ‘rumah’ seperti  box atau clear holder tersendiri.

2. Important Document
Dokumen yang perlu kita simpan baik dalam waktu tertentu atau selamanya. Dokumen jenis ini wajib disimpan walaupun tidak spark joy . Misalnya: Sertifikat rumah, kartu garansi, ijazah.

3. Other Documents
Dokumen selain 2 kategori di atas seperti materi seminar, kliping artikel atau resep masakan.

 

Kalau boleh mengambil visualisasi dari pinterest yang cukup mewakili, saya rasa ilustrasi ini cukup mewakili situasi tidying paper saya.

5e729ff4e4b4ec0ba2ea3128d59ee3f7
Pinterest

 


Untuk Task 7, kami diminta untuk mengirimkan foto before dan after berbenah kertas.

Foto before dan after saat berbenah kertas

before tidying
after tidying

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ki: Foto before tidying; Ka: Foto after tidying

Sayangnya foto before tiba-tiba nggak ketemu 🙁 entah terhapus atau kenapa. Jadilah dokumen dan keras-kertas yang sudah terpisah saya reka ulang lagi, tumpuk lagi buat keperluan foto. Kurang alami tapi ah sudah lah x)

Clear holder tersebut saya kelompokkan sesuai kategori, dokumen milik saya, milik suami, milik anak kami, dan dokumen surat penting (kartu garansi, tagihan, dll).

Untuk pending dokumen saya hanya seputar undangan saja. Tagihan bulanan saya terbiasa membayar secara online. Hal ini cukup efektif mengurangi tumpukan dokumen dan juga dapat menjadi salah satu cara menghemat kertas.

Sebenarnya nggak “cuma” ini saja. Salah satu target saya yang berhubungan dengan tidying paper adalah membuang semua nota, kartu dan aneka kertas dari tas dan dompet saya. Alhamdulillah bahkan sejak setelah saya mengerjakan task 2, saya mulai rutin mengeluakan isi tas dan dompet saya. Tentu kurang puas karena tidak ada dokumentasi khusus bagian ini. Namun melihat tas dan dompet saya tidak lagi penuh dengan kertas dan “sampah” , saya udah cukup happy. Tas dan dompet yang “bersih” juga sudah spark joy buat saya. hehehe

Kendala yang saya alami ketika berbenah kertas ala KonMari. Dan bagaimana cara mengatasi kendala tersebut

Untuk minggu ini semakin menyenangkan. Membuang kertas dan dokumen yang tidak penting malah membuat makin senang dan lega karena biasanya tumpukan kertas berjubel dan terabaikan tapi ternyata banyak juga. hahaha

Kendalanya, seperti biasa adalah posisi barang kami yang terpencar karena sebelumnya beberapa kali pindahan. Untuk sementara saya membereskan dokumen penting yang ada di rumah kami.

document3

Dokumen tersebut masuk ke storage sementara, saya masukkan dalam laci karena memang belum ada fix storage di rumah. Nantinya dokumen akan saya tempatkan bersama buku-buku di rak buku besar sehingga lebih mudah untuk dilihat dan diambil ketika diperlukan.

Untuk kertas hasil karya dan main-main milik anak saya, saya putuskan untuk saya beri jangka waktu. Setiap satu bulan saya discard, setelah didokumentasikan dulu tentunya. Sampai ketemu minggu depan di materi sentimental item. Semua kertas watercolor hasil latihan dan coret-coret saya langsung otomatis masuk sentimental item. Jadi siap-siap deh eksekusi minggu depan. Duh deg-degan! :)))


#konmariindonesia
#komunitaskonmariindonesia
#menatadirimenatanegeri
#shokyuuclass
#shokyuuB2Task7
#sparkjoy

2 Comments

    • Kartikaninggar

      Terima kasih mba 🙂 iya mbak batch 2 ini sampai akhir september, mungkin setelahnya akan ada batch 3 yaa 😉
      nah untuk kertas yang seperti itu sebaiknya disingkirkan mba. kecuali yang benar-benar penting bisa disimpan 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *