KonMari Journey

Shokyuu Intensive Class Batch 2: Task 12 – Tidying Sentimental Items

Kayaknya ini sudah menjelang task terakhir. Di awal kategori ini (sentimental items) terdengar mengerikan dan berasa udah nggak sanggup duluan mau decluttering. Karenaaaaa banyak sekali kenangannya, namanya juga sentimental items lol.

Untuk task 12 ini, ada dua pertanyaan yang harus kami selesaikan, yaitu mengenai joy sensor, dan tentu saja tentang before – after berbenah sentimental items.


Review joy sensor dari semua kategori

 

Pada dasarnya sentimental items adalah barang atau benda yang memiliki kenangan. Pada umumnya berupa foto, surat, barang pemberian, atau benda peninggalan seseorang. Karena sifatnya yang sentimental, maka kategori ini sengaja diletakkan di urutan terakhir dalam metode KonMari. Harapannya, joy sensor sudah terasah di kategori-kategori sebelumnya.

Bagi saya pribadi, yang awalnya sudah ketakutan dengan kategori ini, sengaja saya nggak menyentuh kotak-kotak yang berisi benda-benda sentimental bagi saya. Saya hanya fokus dengan kategori yang bersangkutan.

Di kategori pertama adalah kategori clothes. Awalnya pasti terasa berat untuk “membuang” sesuatu. Perasaan takut nanti kalau sewaktu-waktu butuh, atau perasaan bersalah “membuang” barang yang sudah dibeli atau dimiliki seolah menyiakan rejeki.

Tapi di satu sisi, setelah berhasil menembus batasan itu, malah perasaan lega dan ketagihan “membuang” barang yang tidak spark joy ini jadi terasa jauh lebih menyenangkan. Menutupi segala perasaan tidak enak di awal tadi.

 

Pada kategori books, saya bahkan tidak “membuang” buku sama sekali. Saya memilih untuk merapihkan dan membetulkan susunan rak buku supaya lebih spark joy. Satu kategori yang membuat saya tidak puas dan merasa harus diulang adalah kategori kitchen (termasuk di dalamnya isi kulkas). Saya belum berhasil menerapkan food prep, dan juga isi kulkas kembali tidak rapi. Setiap berapa hari sekali saya meluangkan untuk merapihkan lagi, mengembalikan ke tempatnya. Penyebabnya, antara lain karena putri kecil kami yang sangat leluasa dan berkuasa terhadap isi kulkas. Tak jarang mainan dan bonekanya juga ikut masuk ke dalam kulkas kami. Sampai saat ini sudah cukup berkurang, karena kami terus melakukan sounding dan pemahaman soal fungsi kulkas, dsb.

 

Untuk kategori sentimental items saya adalah seputar benda kenangan, sebagian besar kenangan saya dan suami, ucapan pernikahan dari teman-teman dekat kami, dan juga benda kenangan waktu melahirkan putri kecil kami. Ada juga kalung samir saya dan suami yang cukup bersejarah bagi kami.

Saya awalnya berniat hanya menyimpan beberapa barang yang mewakili saja, namun ternyata suami meminta untuk menyimpan semuanya. SEMUANYA. x)

 

Jadi, setelah sedikit berkonsultasi dengan fasilitator di kelas, saya memutuskan untuk benar-benar menyimpan semuanya, hanya ditata ulang supaya lebih rapih dan spark joy. Alhamdulillah hal semacam ini masih diperbolehkan.

 


Before dan after berbenah sentimental items

Dalam hal merapikan konsepnya sama seperti kategori sebelumnya (kumpulkan, sentuh per item), hanya saja tidak semuanya harus di-keep, pilih yang nilai spark joy -nya yang paling mewakili.

 

Seperti yang saya sampaikan di atas, saya memutuskan untuk menyimpan semuanya, namun saya tata ulang supaya lebih compact dan spark joy. Saya masukkan dalam beberapa buah box yang kuat dan supaya aman disimpan atau ditumpuk.

Love, Ky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *