Parenting,  Review

Parenting: Si Anak Kinestetik

 

Sejujurnya, saya sendiri juga masih belum yakin apakah memang benar anak saya adalah tipe anak yang memiliki kecerdasan kinestetik, atau well, ya hanya termasuk anak aktif saja. Mungkin ada diantara orang tua lain yang juga ragu-ragu dengan tipe kecerdasan si kecil, atau malah ingin tahu tipe kecerdasan anak, untuk dapat membantu memaksimalkan proses pengasuhan dan belajarnya. Kecerdasan kinestetik di sini berkaitan dengan kemampuan kinetik si kecil. Di mana,  si kecil memiliki kemampuan untuk menggunakan tubuh dengan trampil dan memegang objek dengan cakap. Singkatnya, si kecil akan lebih mudah belajar dan mempelajari sesuatu dengan bergerak, serta menyentuh berbagai objek. Makanya, sering kita dengar dan lihat anak-anak yang susah diam, tidak betah duduk manis di kelas, dan selalu aktif bergerak. nah, jangan-jangan ia adalah anak yang memiliki kecerdasan kinestetik.

Kalau si kecil suka bergerak, berlari, menari, melompat, bersepeda atau mungkin menyukai permainan dan berbagai aktivitas fisik lainnya bisa jadi memiliki kecerdasan kinestetik yang baik, sehingga perlu distimulasi supaya dapat berkembang lebih maksimal. masih banyak lagi ciri anak yang memiliki kecerdasan kinestetik, misalnya memiliki koordinasi mata dan tangan yang baik, lebih menyukai pembelajaran praktek, dan sebagainya.

Howard Garner dalam bukunya yang berjudul Frames of Mind: Teori Multiple Intelegences tahun 1983 mendefinisikan kecerdasan sebagai kemampuan untuk memecahkan suatu masalah suatu menciptakan suatu (produk) yang bernilai dalam suatu budaya.[1] Nah, berikut delapan kecerdasan majemuk yang disampaikan oleh Garner, bisa dijadikan referensi untuk kita lebih mengenali tipe kecerdasan anak kita.

  1. Kecerdasan Linguistik, kecerdasan yang berkaitan dengan bahasa, bagaimana mengungkapkan berbagai hal serta kemampuan berpikir dan merangkai kata-kata.
  2. Kecerdasan Logika, kemampuan yang berkaitan dengan angka, logika, menghitung, mengukur, dan penyelesaian rumus serta operasi matematik yang komplek.
  3. Kecerdasan Intrapersonal, merujuk pada kemampuan untuk membangun anggapan yang tepat pada seseorang dan untuk menggunakan sejenis pengetahuan dalam merencakan dan mengarahkan hidup seseorang.[2]
  4. Kecerdasan Interpersonal, kemampuan yang berhubungan dalam memahami orang dan menjalin hubungan yang efektif dengan orang lain.
  5. Kecerdasan Musik, memiliki kemampuan dan kepekaan terhadap nada, melodi, dan irama musik.
  6. Kecerdasan Visual dan Spasial, kemampuan untuk mengindera dunia secara akurat dan menciptakan kembali atau mengubah aspek-aspek dunia tersebut.[3]
  7. Kecerdasan Kinestetik, seperti yang sudah saya tuliskan di atas, yaitu berkaitan kecerdasan yang berkaitan dengan gerakan dan menyentuh objek.
  8. Kecerdasan Naturalis, disebut juga kecerdasan alam, yaitu kemampuan untuk mengenali dan mengklasifikasikan berbagai jenis spesies flora, fauna, dan lingkungannya.

 

Jadi, gimana?

Saya sampai saat ini masih lebih fokus dengan kecerdasan kinestetik Kinan. Karena, hal ini yang paling mudah terlihat. Dari keseharian yang aktif, tidak bisa diam, dan selalu meminta untuk “mau pegang” ini dan itu. Awalnya saya sedikit khawatir karena, bener-bener semua pengen dipegang, terutama ketika ada hal baru, melihat barang baru, atau berada di tempat baru. Apalagi kalau yang mau dipegang barang yang ringkih dan pecah belah. Aaaaaa tidaaaaak! tapi teriak begitu dalam hati saja lol.

Sekarang saya dan suami lebih tenang ketika Kinan mulai minta pegang ini itu, selama tidak berbahaya buat Kinan, kami sih yes. Mungkin ini yang disebut baru belajar dengan caranya sendiri, ya dengan gerak sana sini, pegang ini itu. Kebayang gimana girangnya waktu diajak ke tanah lapang, karena bisa bebas lari-larian ke sana kemari. Tapi, memang setelah beraktivitas seperti itu, Kinan biasanya haus dan lapar haha. Sedikit tips dari saya, selalu bawa UHT ketika mengajak Kinan beraktivitas. Salah satu susu favorit Kinan adalah Indomilk UHT Kids Full Cream. Kenapa rasa full cream? well, selain rasa cokelat, Kinan lebih suka rasa full cream, karena rasanya yang tidak terlalu manis. Indomilk UHT Kids Full Cream cocok diberikan sebagai untuk si kecil usia 1 tahun ke atas, tinggi kalsium, tanpa tambahan gula dan garam, praktis dan mudah dibawa.

Setelah Kinan disapih, saya tidak bermaksud “mengganti” ASI dengan susu lain, tapiiii setelah baca-baca dari berbagai sumber, ternyata memang anak-anak lebih baik mengkonsumsi kalsium yang cukup, untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Jadi, pemberian UHT ini bukan bermaksud sebagai pengganti, tapi ya untuk minuman selingan dan dapat juga dijadikan pilihan sebagai susu selepas ASI karena berbagai kelebihannya tadi. Salah satu hal yang jadi perhatian saya ketika memilih UHT untuk Kinan dalah kandungan gulanya. Karena saya sebisa mungkin menghindari gula berlebih dan pemanis tambahan dari susu. Sudah cukup lah gula dari makanan dan minuman lain x)

Kabar baiknya, Indomilk UHT Kids Full Cream ini aman dikonsumsi anak di atas usia 1 tahun, kandungan nutrisinya juga sangat lengkap. Selain itu, Indomilk Kids Full Cream juga bebas gula, jadi nggak khawatir si kecil jadi obesitas dan giginya gampang rusak. Jadi nggak khawatir kalau ngajak Kinan nggak bisa diam, karena #AktifItuSehat. Aktif juga merupakan salah satu indikator dari seorang anak yang sehat.


Ada satu kabar baik lagi dari Indomilk UHT Kids Full Cream, karena lagi ada blog competition untuk review Indomilk UHT Kids Full Cream.

Hadiahnya nggak bercanda =)) total hadiah 15 Juta Rupiah, lho. Syaratnya juga gampil!

– Kompetisi ini ditujukan untuk Moms blogger usia 25-35 tahun yang memiliki anak usia 2-5 tahun
– Menulis 1 blog review tentang Indomilk UHT Kids Full Cream di blog pribadi
– Menggunakan foto kegiatan outdoor yang menarik dengan anak
– Informasikan dan ajak teman untuk join kompetisi ini dengan kalimat menarik di akhir blog

Akan ada pemenang mingguan yang berhak mendapatkan 1 juta rupiah setiap minggu. Pada akhir periode, akan diumumkan 3 pemenang utama dengan hadiah:
– Pemenang 1: Rp 5 juta
– Pemenang 2: Rp 3 juta
– Pemenang 3: Rp 2 juta

Kompetisi ini berlangsung dari tanggal 20 Desember 2018-31 Januari 2019. Jadi tunggu apalagi? Yuk ikutan kompetisi dari #IndomilkUHTKidsFullCream karena #AktifItuSehat dan menangkan hadiahnya!

 

Love, Ky

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *