Mamaibuk's Thoughts,  MamaibukKnowsBest,  Parenting

Tiga Bulan Pertama (2)

Ibu bau kencur ini masih berusaha dan berjuang memahami pola kehidupan si anak bayinya (sampai sekarang pun masih)

Usia 0-1 bulan, jam tidur kinan masih ga teratur banget banget. Siang atau sore bisa tidur nyenyak banget, dan kebalikannya kalau malam malah kayak ga nyenyak, cm sebentar2 bangun. Ditaruh bangun. Digendong merem. Taruh, bangun lagi.

Dari beberapa buku dan artikel yang membahas soal jam tidur bayi, memang bayi belum punya jam tidur yang tetap. Bahkan di salah satu artikel ada yg menuliskan, salah satu cara biar waktu malam bayi bisa tidur nyenyak, ya dg cara kita ‘ganggu’ tidur siangnya. Agak kontradiktif memang.
Karena bayi juga butuh tidur yg berkualitas untuk perkembangan otaknya. Lah kalau pas tidur digangguin, takutnya tidurnya jd g berkualitas to (?)

tapi memang sejak awal sy coba kasih semacam “ritual” sebelum tidur malam buat kinan
1. Ganti baju, ganti popok, oles minyak telon
2. Masuk kamar dan matikan lampu
3. Minum ASI sampe kenyang

Ritual itu dijalankan setiap malam dan di jam yang sama. Saya lupa sekitar jam 8 kalau ga salah.

Memang ga bisa langsung ngaruh ya. Tapi seenggaknya Kinan jd tau kalau habis ‘ritual’ itu berati saatnya tidur 😴😴

Ditambah, siang harinya ga sy biarkan dalam keheningan 🙈 semua aktivitas ttp berjalan biasa, jadi Kinan juga bisa membedakan siang malam dari suasana dan suara2 tsb.

Usia kinan sekitar 4m bahkan kdg saya mandikan menjelang tidur. Sekitar jam 8 malam mandi cepet, atau diusap2 air anget pake washlap. Kalo habis pergi sore sampe malem, ya malem itu mandi beneran lagi. Ga cuma dilap aja 🙈 kalo g salah baby bath time istilahnya. Memandikan baby di malam menjelang waktu tidurnya. Kemudian diberi ASI sampai kenyang πŸ™‚ Ini ngaruh bgt buat kinan jd tidur malam lbh panjang dan nyenyak

Ah ya, satu lagi! Keyakinan kalau habis minum ASI anaknya bakal tidur karena ada suatu kandungan (lupa namanya nanti kalo nemu diedit lg ya) dlm ASI yg bikin ngantuk (baik anaknya dan ibunya 😂) juga jd semangat sekaligus sugesti positif buat saya 🙈

Sekarang Kinan (18m) jam tidur Alhamdulillah sdh lumayan teratur. Tidur malam jam 9, kadang jam 8 sdh ga kuat melek, tapi kadang jam 10 malam juga baru tidur, tergantung aktivitasnya. Tapi paling sering jam 9 malam sudah masuk kamar.

Tidur siangnya? Sejak 16m jadwal tidur siang berubah jadi sekali saja 😂😂

Bangunnya? Subuh biasanya sudah mulai bangun, paling siang jam 6 pagi sudah keluar kamar 😅
Jadi? Ya semacam itulah 💕

-ky, Mei 2017

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *